Bingung nulis dapus

Apa pustaka? Apa itu daftar pustaka? Kenapa penulisannya begitu penting?

Saat seminar maupun sidang sarjana kemarin, penulisan daftar pustaka pada draft dan bukutugas akhir begitu krusial sekali bagi para dosen, meskipun tetap ada sebagian dosen yang berpikir bahwa dengan penulisan judul buku, nama penulis, tempat dan tahun penerbitan sudah cukup, namun tidak sedikit pula dosen yang begitu kritis dengan penulisan daftar pustaka ini. Sebagian besar dari mereka merekomendasikan sistem vancouver. Kemudian kami mencoba menerapkan sistem ini, tapi mungkin karena kami masih kurang paham, akhirnya hasil satu dengan yang lain selalu ada yang kurang tepat bagaimana cara penulisannya.

Maka untuk menyeragamkan cara penulisan tersebut, beberapa dosen membentuk tim redaksi untuk membuat suatu pedoman penulisan daftar pustaka buku tugas akhir tingkat sarjana. Buku pedoman tersebut dibuat pada tahun 1999 dan yang sampai ke tangan saya adalah fotokopian dari anak dari orang tua dari cucu dari cicit sampai leluhurnya. Kami berusaha untuk menulis pustaka sesuai  yang dianjurkan. Namun, semua itu tidak pernah ada satu mahasiswa pun yang lulus dengan baik bagaimana cara penulisan daftar pustaka yang baik dan benar, termasuk teman yang dapat IP 4,pasti ada saja yang dikomentari oleh para dosen, karena usia buku pedoman itu sudah cukup tua, saat ini dosen pun mempunyai standar sendiri bagaimana penulisan yang benar ‘menurut beliau’.

‘jadi sebenarnya penulisan yang bener tuh kayak gimana sih? Kok mau lulus aja mesti ribet tata cara tulis menulis kayak begini?’ banyak teman termasuk saya mengeluhkan hal ini.

Berawal dari keisengan saya browsing, tulis aneh-aneh di kotak ajaib google, akhirnya saya menemukan medicinus. Sebuah majalah hasil karya para penulis dari dexa medica. Selain berisi informasi-informasi penting dan terbaru tentang dunia kesehatan maupun obat-obatan, ternyata ada satu halaman yang membahas dan memberikan contoh penulisan daftar pustaka. Waah, beruntung sekali. Terima kasih kepada para penulis yang telah memberikan pengetahuan tulis menulis dapus ini. Dari sini pula lah saya jadi sering mantengin lappie berjam-jam, connect internet, transit di situsnya dexa-medica.com buat donlot gratis majalah yang penuh edukasi ini. Apalagi seorang farmasis harus jadi seoran g pembelajar sejati bukan? Hehee,,,

Di bawah ini saya attach contoh penulisan dapus dari majalah dexa versi 2006  yang dulu namanya dexa media dan versi 2011 yang sekarang namanya adalah medicinus.  Saya melampirkan keduanya barangkali ada perubahan di dalamnya.

Yuk, belajar sampai waktu tak berhingga, bahkan sampai Tuhan yang memberhentikan waktu kita untuk belajar :]

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: